Pengaruh Pendapatan dan Konsumsi Terhadap Kesejahteraan Keluarga Pedagang Pasar Pagi Tanjung Aur (studi kasus di Kel.Balai Gadang,Kec.Koto Tangah,Kota Padang)

Andes, ma (2024) Pengaruh Pendapatan dan Konsumsi Terhadap Kesejahteraan Keluarga Pedagang Pasar Pagi Tanjung Aur (studi kasus di Kel.Balai Gadang,Kec.Koto Tangah,Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I ades.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III ades.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (bab 5)
BAB V ades.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full Andesma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Pendapatan dan Konsumsi Terhadap Kesejahteraan Keluarga Pedagang Pasar Pagi Tanjung Aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang” disusun oleh Andesma, NIM. 2016010027 Prodi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Kesejahteraan keluarga sangat penting dalam kehidupan yang digunakan sebagai tujuan dalam mencapai ketentraman kehidupan yang di ukur dari kondisi keluarga dalam memenuhi kebutuhan dan dapat hidup sewajarnya sesuai dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan dan konsumsi terhadap kesejahteraan keluarga pedagang pasar pagi tanjung aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang baik secara simultan maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang pasar pagi tanjung aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, dengan sampel sebanyak 77 responden dengan menggunakan total population sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada pedagang pasar pagi tanjung aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda yang pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kesejahteraan keluarga pedagang pasar pagi tanjung aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dengan nilai thitung 2,318 > ttabel 1,9912 dengan tingkat signifikan pendapatan sebesar 0,023 < α 0,05. Sementara konsumsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan keluarga pedagang pasar pagi tanjung aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dengan nilai thitung 9,557 > ttabel 1,9912 dengan tingkat signifikan konsumsi sebesar 0,000 < α 0,05. Sedangkan secara simultan pendapatan dan konsumsi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan keluarga pedagang pasar pagi tanjung aur di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang diperoleh nilai Fhitung sebesar 59,632 > Ftabel 3,12 dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05. Hasil uji R-square adalah sebesar 61,7% dan sisanya 38,3% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara pendapatan dan konsumsi terhadap kesejahteraan keluarga dan secara simultan (bersama-sama) bahwasanya pendapatan dan konsumsi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Konsumsi,Kesejahteraan Keluarga Pasar Pagi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:29
Last Modified: 05 Sep 2024 07:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22627

Actions (login required)

View Item View Item