Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Padang Pariaman

Khairani, Dina (2024) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 DINA KHAIRANI.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 DINA KHAIRANI.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB 5-DAPUS.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (Full Text)
FULLTEXT SKRIPSI DINA KHAIRANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui (1) gaya kepemimpinan guru kelas VIII di MTsN 1 Padang Pariaman. (2) kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Padang Pariaman. (3) pengaruh gaya kepemimpinan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Padang Pariaman tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari 65 siswa yang dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) gaya kepemimpinan guru di MTsN 1 Padang Pariaman tergolong baik dengan nilai mean 89,71 (interval 87-95) dan persentase 38%. (2) Tingkat kedisiplinan belajar siswa juga tergolong baik dengan nilai mean 98,09 (interval 98-106) dan persentase 45%. (3) Analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa. Hasil uji signifikansi menunjukkan nilai 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif diterima dengan persamaan regresi Y= 11.753 + 0,962 X dan nilai R Square sebesar 0,972. Ini berarti gaya kepemimpinan guru menyumbang 97,2% terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Guru, Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:02
Last Modified: 04 Sep 2024 05:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item View Item