IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI BERNALAR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 PADANG PANJANG

Negara Hasibuan, Patma (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI BERNALAR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 PADANG PANJANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar isi)
cover-daftar isi Putri Patma Negara Hasibuan.pdf - Published Version

Download (820kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Putri Patma Negara Hasibuan.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Putri Patma Negara.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Putri Patma Negara.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Skripsi full)
PUTRI PATMA NEGARA HASIBUAN Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Putri Patma Negara Hasibuan NIM 2014090018. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Bernalar Kritis Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan di SMPN 5 Padang Panjang khususnya di kelas VIII pada pembelajaran IPS, belum sepenuhnya peserta didik memunculkan kemampuan bernalar kritis. Pada saat pembelajaran guru lebih sering menyampaikan teori- teori secara langsung yang membuat peserta didik cenderung pasif. Setelah menyampaikan tujuan pembelajaran guru langsung menjelaskan materi yang terdapat pada buku siswa. Guru jarang memberikan permasalahn tentang materi ajar yang dapat merangsang daya pikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pemahaman guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila pada dimensi bernalar kritis (2) Untuk mengetahui cara guru mengeimplementasikan profil pelajar pancasila pada dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran IPS (3) Untuk mengetahui kendala guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila pada dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran IPS Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif menggunakan jenis Kualitatif Deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) pemahaman guru dalam menerapkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis (2) pengimpelementasian guru dalam menerapkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis yaitu dengan diskusi ,dan refleksi. Metode diskusi yang digunakan adalah metode diskusi kelompok. Dan refleksi bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dari pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengevaluasi proses pembelajaran. (3) kendala guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis adalah kurangnya pemahaman guru tentang mekanisme dalam pelaksanaan kurikulum merdeka khususnya profil pelajar pancasila dan peserta didik yang kurang konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila,Dimensi Bernalar Kritis,Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:37
Last Modified: 03 Sep 2024 06:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item