Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi

Wulandari, Regina (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover-daftar isi Regina Wulandari.pdf - Published Version

Download (903kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 REGINA WATERMARK.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (Bab III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Bab V)
BAB 5-DAPUS.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (Skripsi Full)
BAB 1-5 REGINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul : “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi”, disusun oleh Regina Wulandari, NIM 2014090010 Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi dalam pembelajaran IPS yang meliputi kurangnya kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat, memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan menyimpulkan pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis suatu gagasan dengan menggunakan penalaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi. Dalam mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau kuantifikasi laninya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: Pada penelitian ini kemampuan berpikir kritis siswa masih berada pada tingkat sedang. Sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi maka guru harus mengoptimalkan peran-peran sebagai seorang guru diantaranya dengan mengoptimalkan peran guru sebagai seorang motivator, pengajar dan pendidik serta peran guru lainnya yang bisa mendukung siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya selama proses pembelajaran. Di SMP Negeri 4 Kota Bukittinggi kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendominasi diantaranya, faktor kondisi fisik yang menyebabkan siswa menjadi kurang fokus selama belajar di kelas dan motivasi siswa yang kurang dalam belajar, dan menyebabkan siswa kurang optimal pada proses pembelajaran sehingga menjadi penyebab kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa khususnya dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:59
Last Modified: 04 Sep 2024 07:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22567

Actions (login required)

View Item View Item