Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Penjualan Air Raksa pada Tambang Emas(Studi Kasus di Desa Hutapungkut Julu Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal)

Rizal, Yudi (2024) Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Penjualan Air Raksa pada Tambang Emas(Studi Kasus di Desa Hutapungkut Julu Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Yudirizal_1913040047_HES_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB I)
Yudirizal_1913040047_HES_BAB I.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
Yudirizal_1913040047_HES_BAB III.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (BAB V)
Yudirizal_1913040047_HES_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Yudirizal_1913040047_HES_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya penggunaan air raksa dalam proses penambangan emas. Air raksa merupakan bahan kimia sejenis merkuri. Penggunaan air raksa dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan seperti sungai yang ada di Desa Hutapungkut Julu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana respon masyarakat terhadap penjualan air raksa dalam tambang emas di Desa Hutapungkut Julu Kecamatan Kotonopan Kabupaten Mandailing Natal?. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah Pertama, Apa faktor penyebab terjadinya jual beli air raksa dalam tambang emas di Desa Hutapungkut Julu Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal?, Kedua, Bagaimana kesadaran hukum masyarakat terhadap jual beli air raksa dalam tambang emas di Desa Hutapungkut Julu Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, faktor penyebab jual beli air raksa ini adalah faktor ekonomi masyarakat yang mayoritas adalah penambang emas, tanpa adanya air raksa penambang tidak bisa menghasilkan emas. Kedua, kesadaran masyarakat Desa Hutapungkut Julu terhadap jual beli air raksa ini tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena tidak terpenuhinya ke 5 indikator kesadaran hukum masyarakat. Masing masing informan paling banyak indikator yang terpenuhi hanya 1 dan yang tidak terpenuhi satu per 5. Kata Kunci: Air, Raksa, Emas, Tambang, Kesadaran, Hukum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air, Raksa, Emas, Tambang, Kesadaran, Hukum
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih > Muamalah
U Umum (General) > Hukum
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:46
Last Modified: 04 Sep 2024 03:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22561

Actions (login required)

View Item View Item