Napitupulu, Angga (2024) Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Penetapan Tarif Ongkos Travel pada Fenomena Kenaikan BBM(Studi Kasus di CV. Flores Travel Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (680kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (843kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (504kB) |
|
Text (FULL TEXT)
full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya penetapan kenaikan tarif ongkos yang terjadi berulang-ulang dan mengingkari akad perjanjian awal pada tiket di CV. Flores Travel padang. Dalam praktik kenaikan tarif ongkos tersebut, pihak travel melakukannya secara tidak transparan dan tanpa memberi informasi kepada calon penumpang. Berdasarkan latar belakang di atas, pertanyaan penelitian dalam skripsi ada tiga yakni: Pertama, bagaimana pelaksanaan penjualan tiket dan penetapan tarif ongkos yang terjadi pada CV. Flores Travel Padang? Kedua, apakah faktor yang menyebabkan penetapan harga tarif ongkos di CV. Flores Travel Padang? Ketiga, bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penetapan harga tarif ongkos di CV. Flores Travel Padang? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan(field research) yang bersifat kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan skripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pelaksanaan penjualan tiket dan penetapan tarif ongkos dilakukan menggunakan metode offline dan online, dimana pihak penumpang bisa langsung ke loket ataupun bisa via telepon (whatsapp) dan penetapan kenaikan tersebut tidak dilakukan saat pembelian tiket melainkan saat di perjalanan. Kedua, faktor yang menyebabkan penetapan kenaikan tarif ongkos adalah faktor internal dan faktor eksternal. Ketiga, tinjauan etika bisnis Islam terhadap penetapan tarif ongkos di CV. Flores Travel padang, mencederai prinsip-prinsip dasar etika bisnis, yaitu prinsip kesatuan, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip tanggung jawab dan prinsip kejujuran. Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Penetapan Tarif Ongkos
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Penetapan Tarif Ongkos |
Subjects: | Tajuk Subjek > Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi U Umum (General) > Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ruang Baca Fakultas Syariah |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:18 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22543 |
Actions (login required)
View Item |