Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Maxim dengan Metode End User Computing Satisfaction di Kota Padang

Dwi Aminerti, Salsadilla (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Maxim dengan Metode End User Computing Satisfaction di Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Salsadila Dwi Aminerti. NIM 2017020037. COVER.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
Salsadilla Dwi Aminerti. NIM 2017020037. BAB 1.pdf - Published Version

Download (954kB)
[img] Text (BAB 3)
Salsadilla Dwi Aminerti. NIM 2017020037. BAB 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
Salsadilla Dwi Aminerti. NIM 2017020037. BAB 5.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (Fulltext)
Salsadilla Dwi Aminerti. NIM 2017020037. Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya aplikasi transportasi online yang tersedia bagi masyarakat telah meningkatkan persaingan diantara perusahaan layanan transportasi. Salah satu aplikasi transportasi online tersebut adalah Maxim. Maxim merupakan salah satu aplikasi transportasi online yang bergerak dibidang jasa layanan transportasi sebagai perantara yang menghubungkan antara para pengendara ojek dengan pelanggan. Salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan suatu aplikasi adalah kepuasan pengguna. Maxim berupaya untuk meningkatkan kepuasan penggunanya, namun sejauh mana pengguna Maxim di Kota Padang merasa puas dengan aplikasi ini masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang dengan menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang mencakup 5 variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness, serta bagaimana variabel-variabel ini memengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui survei berisi 23 pertanyaan yang disebarkan secara langsung dan online kepada 133 responden pengguna aplikasi Maxim di Kota Padang. Analisis statistik menggunakan PLS-SEM. Hasil dari 5 hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut merupakan faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dan secara signifikan memengaruhi kepuasan pengguna, dengan ketepatan waktu memiliki dampak tertinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa meningkatkan ketepatan waktu dan keakuratan informasi yang disediakan oleh aplikasi dapat meningkatkan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna, Transportasi Online, Maxim, EUCS, PLS-SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:22
Last Modified: 30 Aug 2024 07:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22516

Actions (login required)

View Item View Item