Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS KELAS IV SD/MI

Syakira, Mutiara (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI MUTIARA.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I MUTIARA.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III MUTIARA.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA MUTIARA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT SKRIPSI MUTIARA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan Modul Ajar Berbasis Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di SD/MI”. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik terlebih pada pembelajaran IPAS. Serta belum tersedianya modul ajar berbasis group investigation. Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang rendah tentu akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Upaya dalam mengatasi masalah tersebut peneliti akan mengembangkan modul ajar berbasis group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan Penyebaran. Namun peneliti membatasi penelitian ini sampai tahap Pengembangan. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, angket praktikalitas dan soal tes efektivitas. Uji validasi modul ajar diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, media. Uji praktikalitas diberikan kepada 2 orang pendidik dan 20 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Modul ajar dinyatakan sangat valid dari aspek media, materi dan bahasa dengan skor rata-rata 93,4%. Uji Praktikalitas produk dengan skor rata-rata 91%. Sedangkan uji efektif dengan skor rata-rata 76%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis, IPAS
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 00:22
Last Modified: 04 Sep 2024 00:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22513

Actions (login required)

View Item View Item