Pengaruh Metode Permainan Rangking I Berbantuan Question Card Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 3 Padang Pariaman

Aulia Rizal, Puji (2024) Pengaruh Metode Permainan Rangking I Berbantuan Question Card Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Puji Aulia Rizal_2014090050_IPS_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (BAB I)
Puji Aulia Rizal_2014090050_IPS_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
Puji Aulia Rizal_2014090050_IPS_BAB III.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Puji Aulia Rizal_2014090050_IPS_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Skripsi FullText)
Puji Aulia Rizal_2014090050_IPS_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Proses pembelajaran belum optimal karena penggunaan metode yang belum tepat. Selanjutnya peserta didik masih banyak yang belum memahami akan materi yang disampaikan oleh pendidik. Selain itu aktivitas peserta didik dalam mencatat dan menghafal serta peserta didik masih kurang berpartispasi aktif dan masih terdapat peserta didik yang belum berani untuk mengemukakan pendapat. Dan adanya motivasi belajar peserta didik yang tergolong rendah dibuktikan dengan masih banyak peserta didik yang keluar masuk kelas, serta peserta didik yang mengobrol dengan temannya pada saat pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar tersebut adalah menggunakan metode permainan rangking 1 berbantuan question card pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil pre-test sebelum menggunakan metode permainan rangking 1 berbantuan question card pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 3 Padang Pariaman. (2) Untuk mengetahui hasil post-test sebelum menggunakan metode permainan rangking 1 berbantuan question card pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 3 Padang Pariaman. (3) Untuk mengetahui adanya Pengaruh Metode Permainan Rangking 1 Berbantuan Question Card pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 3 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel yaitu sampel acak sederhana (simple random sampling), kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas VIII.1. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial adalah 70,70 dan rata-rata nilai post-test motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial adalah 79,33. Berdasarkan uji hipotesis dngan SPSS versi 2020 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan ketika menggunakan metode Permainan Rangking 1 Berbantuan Question Card peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 3 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Rangking 1, Question Card, Motivasi Belajar
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 09:25
Last Modified: 03 Sep 2024 09:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item