Hubungan Koping Religiusitas dengan Kecenderungan Psychological Distress Pada Narapidana di Lapas Perempuan Klas II B Padang

Yulianti, Fadilah (2024) Hubungan Koping Religiusitas dengan Kecenderungan Psychological Distress Pada Narapidana di Lapas Perempuan Klas II B Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
Fadilah Yulianti_Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text (BAB I)
Fadilah Yulianti_BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB III)
Fadilah Yulianti_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text (BAB V dab Daftar Pustaka)
Fadilah Yulianti_BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (Full Text)
Fadilah Yulianti_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana narapidana perempuan tidak mampu untuk mengatasi, mengelola, dan beradaptasi dengan peristiwa negatif atau stressor yang ada, sehingga berdampak pada kondisi mental yang negatif pada individu yang bersangkutan. Hal ini diakibatkan karena kurangnya penerimaan individu terhadap kondisi dirinya, dimana dalam hal ini narapidana dengan tingkat tekanan psikologis cenderung kurang menerima kondisi narapidana dan kurang mampu menyesuaikan diri di lingkungan penjara sebagai tempat tinggal para narapidana tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 221 orang dengan jumlah sampel 142 narapidana di Lapas Perempuan Klas II B Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan simple random sampling. Instrument pengambilan data dalam penelitian ini adalah skala psikologi yaitu skala koping religiusitas dan skala psychological distress. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel koping religiusitas pada narapidana di Lapas Perempuan Klas II B Padang dominan berada pada kategori tinggi dengan persentase 62,7%, dan variabel kecenderungan psychological distress dominan berada pada kategori sedang dengan persentase 85,9%. Selanjutnya hasil hipotesis antara koping religiusitas dengan kecenderungan psychological distress memperoleh nilai sig. (p) = 0,047 dengan nilai korelasi (r) sebesar -0,167. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara koping religiusitas dengan kecenderungan psychological distress pada Narapidana di Lapas Perempuan Klas II B Padang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi koping religiusitas maka semakin rendah psychological distress, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesisi dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koping Religiusitas, Kecenderungan Psychological Distress, Narapidana
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:55
Last Modified: 03 Sep 2024 07:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item