Analisis Pelestarian Bahan Pustaka Tercetak di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Putri, Eza (2024) Analisis Pelestarian Bahan Pustaka Tercetak di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover sampai daftar isi)
Cover sampai daftar isi.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (BAB V -DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Pelestarian Bahan Pustaka Tercetak di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.Pelestarian adalah kegiatan untuk memperlambat kerusakan bahan pustaka dan membuat bahan pustaka tersebut lebih awet dan dapat bertahan lama.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelestarian bahan pustaka, mengidentifikasi faktor yang menyebabkan kerusakan bahan pustaka, dan menganalisis upaya pengelola perpustakaan dalam mencegah kerusakan bahan pustaka.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.Informan penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan staf pemeliharaan bahan pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pelestarian bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang meliputi seleksi/pengumpulan bahan pustaka yang rusak di perpustakaan dan dilanjutkan dengan pelaksanaan perbaikan/ pelestarian bahan pustaka. Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang terbagi menjadi empat, yaitu faktor manusia (pemustaka yang tidak bertanggung jawab), faktor fisika (debu, suhu, kelembapan), faktor biologi binatang (serangga, rayap) dan faktor kimiawi (kualitas kertas). Upaya yang dilakukan pengelola perpustakaan dalam mencegah kerusakan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang saat ini berupa mengadakan kegiatan user education dan penyuluhan-penyuluhan melalui media sosial dan juga melakukan pembersihan ruangan secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelestarian bahan pustaka, kerusakan bahan pustaka,faktor ulah manusia, faktor fisika, faktor biologis, faktor kimiawi, Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 31 Aug 2024 12:39
Last Modified: 31 Aug 2024 12:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item