Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Assemblr EDU dan Visual Pada Pemahaman Konsep IPAS Peserta Didik di Kabupaten Solok Selatan

Hizah, Nurul (2024) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Assemblr EDU dan Visual Pada Pemahaman Konsep IPAS Peserta Didik di Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bojol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI...pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Interaktif Assemblr EDU lebih baik dari media visual pada pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPAS Kelas V. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan menggunakan desain penelitian post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 18 Sungai Lambai Kabupaten Solok Selatan dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar tes tertulis berupa essay sebanyak 10 butir soal. Data yang diambil kemudian diuji dengan menggunakan t-test : two-sampel assuming equal variances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunakan media pembelajaran interaktif assemblr EDU pembelajran IPAS kelas V SDN 18 Sungai Lambai Kabupaten Solok Selatan memberikan hasil yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik dengan nilai rata-rata 84,00. Sementara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran visual memperoleh nilai rata-rata 73,00. Hasil uji-t yaitu nilai sig (1-tailed) 0,015 sehingga nilai sig.< 0,05 dan nilai t-hitung 3,95 > t-tabel 1,68. maka hipotesis Ha diterima Hi ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas V SDN 18 Sungai Lambai Kabupaten Solok Selatan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif assemblr EDU lebih baik dari pada menggunakan media pembelajaran visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Assemblr EDU,Visual,Pemahaman Konsep IPAS
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:53
Last Modified: 03 Sep 2024 07:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22465

Actions (login required)

View Item View Item