Pengaruh Pembelajaran Fikih Terhadap Perilaku Beribadah Salat Zuhur Peserta Didik Di MTsN 2 Padang

Febri, Seska (2024) Pengaruh Pembelajaran Fikih Terhadap Perilaku Beribadah Salat Zuhur Peserta Didik Di MTsN 2 Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover Sampai Daftar Isi Seska Febri.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Seska Febri.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Seska Febri.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka Seska Febri.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Cover-Biodata Diri Seska Febri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Pengaruh Pembelajaran Fikih terhadap Perilaku Beribadah Salat Zuhur Peserta Didik di MTsN 2 Padang” ditulis oleh Seska Febri NIM 2014010015 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan Pembelajaran fikih dan perilaku beribadah salat sangat penting bagi individu (peserta didik) dalam menghadapi ketidak disiplinan peserta didik untuk melaksanakan ibadah salat yang dilakukan. Dengan penguasaan materi yang baik peserta didik memiliki perilaku ibadah yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dan dipahami. Berdasarkan fenomena yang terlihat banyak peserta didik MTsN 2 Padang yang memiliki perilaku beribadah salat yang belum sesuai dengan pengamalan pembelajaran fikih yang baik dalam berperilaku ibadah salat Zuhur yang dilaksanakan. Berdasarkan fenomena diatas terdapat beberapa kondisi yaitu terlambat, bercanda atau mengganggu, tidak menaati tata tertib dan menimbulkan keributan atau tertawa saat salat Zuhur dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran fikih dengan perilaku beribadah salat peserta didik di MTsN 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 78 peserta didik dari peserta didik kelas VIII dengan menggunakan teknik simple random sampling (sampel sederhana). Penelitian ini menggunakan angket yang disusun dengan menggunakan model skala likert mengenai pembelajaran fikih dan perilaku beribadah. Kemudian data analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional menggunakan rumus product moment correlation dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata dari pembelajaran fikih sebesar 103,7 sedangkan perilaku beribadah salat rata-rata sebesar 98,8. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan SPPS 25 diperoleh hasil sig.(2-tailed) sebesar 0.000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sig.(2 –tailed) < 0,05 artinya 0.000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran fikih terhadap perilaku beribadah salat Zuhur Peserta Didik di MTsN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Perilaku Beribadah Salat Zuhur
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Ibadah
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Shalat Wajib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:37
Last Modified: 03 Sep 2024 07:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item