Hubungan Prasangka Sosial dengan Harapan Tenaga Kesehatan Puskesmas Pematang Kandis Bangko Merangin Jambi Pasca Covid-19

Maharani, Masyitah (2024) Hubungan Prasangka Sosial dengan Harapan Tenaga Kesehatan Puskesmas Pematang Kandis Bangko Merangin Jambi Pasca Covid-19. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
SKRIPSI MASYITAH MAHARANI (COVER sampai DAFTAR ISI).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (watermark).pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (watermark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V (watermark).pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (full text)
SKRIPSI MASYITAH MAHARANI dengan Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tatanan kehidupan sosial mengalami perubahan sejak ditetapkannya pandemi Covid-19 di Indonesia. Banyak kegiatan terhenti, sedangkan kehidupan harus tetap berjalan terutama untuk memenuhi kebutuhan dari mulai bekerja, bersosial dan sistem sekolah yang dialihkan menjadi sistem berbasis online agar tetap aman dari penyebaran virus Covid-19. Hal di atas berbanding terbalik dengan tenaga kesehatan yang justru tertuntut untuk bekerja lebih ekstra sebagai garda terdepan untuk menangani penyebaran wabah ini. Perubahan ini tidak hanya membawa tantangan pada fisik tetapi juga meningkatkan prasangka sosial akibat kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap virus ini. Namun, apabila tenaga kesehatan mendapatkan prasangka sosial dari masyarakat maka dapat memberikan dampak negatif terhadap harapan tenaga kesehatan untuk eksis dalam dunia pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara prasangka sosial dan harapan pada tenaga kesehatan puskesmas Pematang Kandis, Bangko, Merangin, Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala psikologi yaitu skala prasangka sosial dan skala harapan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 orang. Sampel ditentukan dengan teknik non-probability sampling. Kemudian, data dianalisis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat prasangka sosial berada pada kategori sedang dan harapan berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil uji korelasi antara prasangka sosial dengan harapan diperoleh nilai p = 0,001 dan nilai Pearson Correlation sebesar – 0,670. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima karena terdapat hubungan negatif antara prasangka sosial dengan harapan dimana semakin tinggi prasangka sosial maka semakin rendah tingkat harapan pada tenaga kesehatan puskesmas Pematang Kandis, Bangko, Merangin, Jambi. Kata kunci : Prasangka Sosial, Harapan, Tenaga Kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prasangka Sosial, Harapan, Tenaga Kesehatan
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 03 Sep 2024 05:49
Last Modified: 03 Sep 2024 05:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item