Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Tematik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V MIN 5 Pesisir Selatan

Fitri, Nur Azizah (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Tematik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN iImam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Nur Azizah Fitri_Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Nur Azizah Fitri_2014070118_Bab I.pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (BAB III)
Nur Azizah Fitri_2014070118_Bab III.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Nur Azizah Fitri_Bab V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Full text)
Nur Azizah Fitri_2014070118_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran Tematik kelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Ditandai dengan proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yang hanya menekankan atau memfokuskan pada peningkatan hasil belajar tanpa diimbangi keterampilan yang dapat melatih atau meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book berbasis Tematik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design dan pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Analisis data melalui uji-t dengan pengolahan data menggunakan SPSS 20 untuk melihat hasil dari penggunaan media pembelajaran fun thinkers book berbasis Tematik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book berbasis Tematik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan media Fun Thinkers Book meningkat dari 67,55 menjadi 78,4. Sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media Fun Thinkers Book meningkat dari 65,4 menjadi 76,85. Hal ini didukung dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung (34.202) > ttabel (1,685) dan nilai sig (0,000) < 0,05. Nilai thitung > ttabel atau sig. < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Fun Thinkers Book berbasis Tematik terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V MIN 5 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, fun thinkers book, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:56
Last Modified: 03 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item