Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 6 Padang

Marlina, Lina (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 6 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III.pdf - Published Version

Download (737kB)
[img] Text (BAB V-Dapus)
SKRIPSI BAB V-DAPUS.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V MIN 6 Padang dengan diterapkannya model pembelajaran make a match dengan tidak diterapkan model pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MIN 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini total sampling. Dimana kedua kelas berdistribusi normal dan homogen lalu kedua kelas dipilih secara acak sehingga didapatkan kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes essay. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan melakukan T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 86.17 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 79.04. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dengan t-Test, diketahui nilai thitung 2,89 > ttabel 2,01. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan pemahaman konsep matematika yang lebih baik bagi peserta didik kelas V MIN 6 Padang”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Make a Match
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:49
Last Modified: 03 Sep 2024 06:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22400

Actions (login required)

View Item View Item