IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO EMPHATY GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 2 PADANG PANJANG

Jannah, Raudatul (2024) IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO EMPHATY GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 2 PADANG PANJANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Media Video Emphaty Guru Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Dengan Teman Sebaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Padang Panjang ”. Disusun oleh Raudatul Jannah, Nim. 2014090026 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1446 H/2024 M. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan maka bentuk kriteria yang beragam tergantung bagaimana guru menggunakannya. Pelaksanaan video emphaty ini masih kurang mengarah kepada sikap toleransi siswa dengan teman sebaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Padang Panjang. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria media video emphaty dan untuk mengetahui implementasi media video emphaty ini berhubungan dengan menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Padang Panjang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Lokasi dalam penelitian ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Padang Panjang. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Padang Panjang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis dengan melalui beberapa tahapan seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudia dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam kriteria media video emphaty guru dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial ini yang pertama yaitu harus sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, penggunaan tidak memakan waktu yang lama dan efektifitas penggunaan media dalam pembelajaran. Untuk komponen yang kedua yaitu implementasi media video guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini guru membuat rencana pelaksaan pembelajaran, guru menyiapkan peralatan media video emphaty, guru memartikan siswa telah siap untuk menyimak tayangan video emphaty dan terakhir guru melakukan evaluasi pembelajaran. Dan yang ketiga yaitu kelebihan dan kekurangan media video emphaty guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini guru menyajikan objek belajar secara konkret atau pesan pembelajaran realistis, pemakainnya tidak membosankan, kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana, guru belum mahir dalam menggunakan media video emphaty dan kurangnya kesiapan guru dalam penggunaan media video emohaty. Kata Kunci: Sikap Toleransi, Video Emphaty, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi, Video Emphaty, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:51
Last Modified: 03 Sep 2024 03:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22392

Actions (login required)

View Item View Item