Wati, Sintya Fajar (2024) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Two Stay Two Stray Menggunakan Media Couple Card Pada Siswa Kelas VIII MTsN 2 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover sampai daftar isi)
Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (402kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (710kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI SINTYA FAJAR WATI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya hasil belajar peserta didik nilainya hanya 65 tidak mencapai KKM pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat pada saat belajar peserta didik kurang memperhatikan, tidak fokus, bahkan merasa bosan, sehingga hal ini berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh cara guru yang kurang menerapkan model, dan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran IPS melalui model TSTS menggunakan media Couple Card. Penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah Post-Test Kontrol Grup Desain (Non Equivalent Control Group Design), yang diteliti adalah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray menggunakan media Couple Card, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kovensional. Berdasarkan uji t yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 22 diperoleh signifikan a dalam dua posisi (2-tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa 0,000 0,05. Maka Ha diterima Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kelas yang menggunkan model Two Stay Two Stray dibandingkan kelas yang tidak menggunkan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 2 Solok. Rata-rata test hasil belajar kelas eskperimen 79,89 dan rata-rata nilai kelas kontrol 68,18. Setelah uji hipotesis dengan uji t diperoleh signifikan a dalam dua posisi (2-tailed) sebesar 0,00, artinya bahwa 0,000 0,05. Maka Ha diterima diterima Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kelas yang menggunakan model Two Stay Two Stay dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 2 Solok. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stay terdapat hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 2 Solok. Pengaruhnya dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar antara kelas VIII G (kelas kontrol) dengan kelas VIII H (kelas eksperimen). Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari data analisis data bawah rata-rata pada kelas eksperimen adalah 79,89 dan kelas kontrol adalah 68,18 hal ini menunjukan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Two Stay Two Stray, Media Couple Card |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:43 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22389 |
Actions (login required)
View Item |