Fadilah, Fikri (2024) Pola Komunikasi Guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTsN 1 Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - daftar isi)
Cover-daftar isi fikri.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (622kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (491kB) |
|
Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Pola Komunikasi Guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTsN 1 Solok Selatan. Ditulis oleh Fikri Fadilah Nim 2012010061 pada Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang 2024. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Di sekolah MTsN 1 Solok Selatan ada siswa yang memiliki akhlak yang kurang baik, seperti suka membully, berkata kotor, melawan kepada guru, dan suka bolos sekolah. Oleh karena itu penting adanya pola komunikasi yang digunakan oleh guru agama dalam membina akhlak siswa tersebut baik itu pola komunikasi satu arah, dua arah maupun multi arah. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Pola komunikasi guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTsN 1 Solok dan yang menjadi batasan masalahnya adalah pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok Selatan serta faktor pendukung dan penghambat komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok Selatan dan menjelaskan faktor pendukung serta penghambat guru dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pola komunikasi satu arah guru agama dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok Selatan adalah dengan kegiatan ceramah yang berkaitan dengan pembinaan akhlak pada saat muhadarah maupun apel pagi. 2) Pola komunikasi dua arah guru agama dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok Selatan adalah pada saat pembelajaran dan sesi tanya jawab, menggerakkan untuk melaksanakan sholat serta menyambut siswa yang baru datang di gerbang sekolah. 3)Pola komunikasi multi arah guru dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Solok selatan adalah ketika penugasan kerja kelompok oleh guru dan dalam kegiatan ekstrakulikuler. 4) Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya adalah sekolah ini membuat berbagai peraturan, fasilitas yang memadai, media pembelajaran dan bahan ajar ini sebagai faktor pendukung yang sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa lebih paham atas pelajaran yang guru sampaikan, faktor penghambatnya adalah faktor lingkungan, baik di dalam maupun di luar sekolah . Selain itu faktor perkembangan teknologi juga sangat berpengaruh, baik itu dalam berbahasa, berpakaian maupun bertingkah laku.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola komunikasi, pembinaan akhlak |
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:47 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22386 |
Actions (login required)
View Item |