Suherman, Tari (2024) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (FULL TEXT SKRIPSI TARI SUHERMAN 2014070091)
FULL TEXT SKRIPSI TARI SUHERMAN 2014070091.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text (BAB I)
Tari Suherman_2014070091_BAB I.pdf - Published Version Download (725kB) |
|
Text (BAB V)
Tari Suherman_2014070091_Bab V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (483kB) |
|
Text (BAB III)
Tari Suherman_2014070091_BAB III.pdf - Published Version Download (757kB) |
|
Text (Cover - Daftar Isi)
Tari Suherman_2014070091_Cover -Daftar Isi.pdf - Published Version Download (994kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya: 1) pendidik kurang melibatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran. 2) peserta didik urang sadar akan tugas-ugas individu dalam kelompok. 3) peserta didik kurang aktif menyampaikan ide-idenya dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran matematika. Model Project Based Learning memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran,selain itu model Project Based Learning membuat peserta didik lebih kolaboratif, terlibat aktif dalam menyelesaikan proyek-proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar dengan model ekspositori, 2) untuk mengetahui keterampilan kolaborasi peserta didik yang belajar menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada keterampilan kolaborasi peserta didik yang belajar dengan model ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini total sampling, dimana kedua kelas berdistribusi normal dan homogen lalu kedua kelas dipilih secara acak sehingga didapatkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes uraian untuk keterampilan berpikir kreatif dan lembar observasi untuk keterampilan kolaborasi peserta didik. Teknik analisis data pada tes uraian menggunakan uji hipotesis. Sedangkan lembar observasi dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar menggunakan model ekspositori, dengan hasil rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen 80,18 sedangkan kelas kontrol 67,28. Selain itu, Hasil analisis data menggunakan uji t diketahui thitung 2,15 > ttabel 2,028.2) Keterampilan kolaborasi peserta didik yang belajar menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada keterampilan kolaborasi peserta didik yang belajar menggunakan model ekspositori, dengan rata-rata persentase keterampilan kolaborasi di kelas eksperimen 79,17%, sedangkan kelas kontrol 55,16%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Kolaborasi |
Subjects: | U Umum (General) > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22380 |
Actions (login required)
View Item |