Pengaduan Masyarakat dalam Pelayanan Publik di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat

Yuman, Yuhandika (2024) Pengaduan Masyarakat dalam Pelayanan Publik di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Yuhandika Yuman 1913030142 Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Yuhandika Yuman 1913030142 BAB 1.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB 3)
Yuhandika Yuman 1913039142 BAB 3.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB 5 - Daftar Pustaka)
Yuhandika Yuman 191303142 BAB 5 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Fulltext)
Yuhandika Yuman 1913030142 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi karena masih terdapat banyaknya pengaduan oleh masyarakat Sumatera Barat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh pegawai pemerintahan di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, padahal Ombudsman Sumatera Barat telah melakukan berbagai upaya dan strategi terhadap penanganan pengaduan yang dilaporkan oleh masyarakat. Dari latar belakang yang dijelaskan, terdapat pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu mengenai strategi dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat dalam menangani pengaduan masyarakat atas pelayanan publik. pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah untuk mengetahui pertama bagaimana bentuk serta jenis pengaduan masyarakat Sumatera Barat di Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat tahun 2021, 2022, 2023, kedua mengenai mekanisme serta peta pengaduan masyarakat atas pelayanan publik di Ombudsman Sumatera Barat, ketiga mengenai apa strategi dari Ombudsman Sumatera Barat dalam menangani permasalahan pelayanan publik. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode dengan pendekatan yuridis empiris, yang mana pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara dengan mengunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, yaitu sebuah data yang menunjukkan bahwa pengaduan di Ombudsman Sumatera Barat paling sering terjadi di wilayah pemeritahan Kota Padang khususnya dalam hitungan tiga tahun terakhir (2020, 2021, 2022). Total keseluruhan pengaduan dalam kurun waktu 2021 s/d 2023 terdapat sebanyak 920 laporan yang masuk ke PVL di Ombudsman Sumatera Barat dengan 636 laporan yang berdasarkan substansi laporan di Ombudsman Sumatera Barat. Kedua, pengaduan di Ombudsman dilakukan dalam beberapa tahapan yang bervariasi berdasarkan jenis laporan yang diaduakan oleh masyarakat, dengan melakukan klarifikasi tertulis, melakukan investigasi lapangan, memberikan rekomendasi, serta melkaukan monitoring atas rekomendasi yang telah diberikan. Dalam pengawasannya, Ombudsman Sumatera Barat melakukan pengawasan dalam dua bentuk pengawasan yaitu pengawasan berdasarkan laporan masyarakat dan pengawasan atas inisiatif Ombudsman sendiri. Ketiga, Ombudsman dalam menindak lanjuti pengaduan masyarakat atas pelayanan publik diterapkan dengan strategi yaitu melakukan kegiatan sosialisasi dan sejeninya yang bertujuan untuk mengenalkan pelayanan publik dan pelanggaran dalam pelayanan publik, serta mengenai Ombudsman RI terutama Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat. Kata Kunci : Pengaduan, Ombudsman RI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaduan, Ombudsman RI
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:29
Last Modified: 03 Sep 2024 02:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item