Pengaruh Metode Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 5 Lembah Melintang

Nelpa, Aida (2024) Pengaruh Metode Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 5 Lembah Melintang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai daftar isi)
Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Full tex)
Full tex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Metode Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 5 Lembah Melintang”. Disusun oleh Nelpa Aida, Nim.2014010016 Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 5 Lembah Melintang. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sedangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki banyak materi sehingga peserta didik susah untuk mengingat. Dalam permasalahan ini, harus ada inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik antara lain melalui penggunaan metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran Joyfull Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yaitu desain penelitian yang melibatkan dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP N 5 Lembah Melintang tahun pelajaran 2023/2024 sedangkan untuk pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling yaitu kelas VII.1 sebagai Pos-test Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS versi 26, hasil belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan metode Joyfull Learning diperoleh rata-rata nilai 87,76 yang berada pada klasifikasi tinggi dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 66, sedangkan motivasi belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan metode Joyfull Learning diperoleh rata-rata nilai 78,16 yang berada pada klasifikasi cukup dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Berdasarkan hasil analisis uji yang menggunakan SPSS versi 26, maka diperoleh sig  < 0,005 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan THitung > Ttabel yaitu 46,621 > 2,068 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh metode pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 5 Lembah Melintang diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Joyfull Learning, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:42
Last Modified: 03 Sep 2024 02:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item