Haq, Yopi Arinal (2024) Komunikasi Guru dalam Mendidik Hafalan Al-Qur'an Anak Rumah Thafiz An-Nur Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover-daftar isi)
cover - daftar isi.pdf - Published Version Download (924kB) |
|
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (842kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (581kB) |
|
Text (Skripsi Full)
full bab 1-5 yopi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Komunikasi Guru dalam Mendidik Hafalan Al-Qur’an Anak Rumah Tahfiz An-Nur Desa Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi”, yang disusun oleh Yopi Arinal Haq , nim 2012010057 Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Penelitian ini di latar belakangi oleh meningkatnya sekolah tahfiz di Pulau Godang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi. Salah satu yang memiliki banyak peminatnya adalah Rumah Tahfiz An-Nur. Rumah Tahfiz ini tidak hanya fokus kepada hafalan al-Qur’an, tetapi juga mengutamakan pembentukan akhlak dan karakter yang baik, disiplin, serta kemampuan sosial. Peneliti merasa tertarik melihat bagaimana model komunikasi yang digunakan oleh para pendidik dalam meningkatkan hafalan Al-Quran santri rumah Tahfiz An-Nur ini, karena ada beberapa santri yang mengalami pasang surut dalam menghafal Al-Quran serta kurang pandainya santri tersebut membagi waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan komunikasi guru dalam mendidik hafalan Al-Quran yang disampaikan oleh para pendidik menurut model David. K. Berlow dari segi source (sumber), message (pesan), channel (media dan saluran komunikasi), dan receiver (penerima pesan), serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Source (sumber) dirumah tahfiz An-Nur memiliki kecakapan dalam mengajar anak-anak dengan sopan dan lemah lembut, memiliki penguasan baik dari yang mendasar terhadap al-quran yang berguna untuk menunjang kelancaran komunikasi dengan santri, mengajarkan atau mengedepankan sistem sosial, disiplin dan selalu mengingatkan santri terhadap hal yang baik. (2) Message (Pesan) adalah ayat-ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh pendidik dan diikuti secara bersama-sama oleh para santri, kemudian disetorkan ke depan secara bergantian. Selain itu, untuk menunjang hafalan Al-Quran para santri akan dibuat reword seperti spanduk yang berisikan top teen tahfiz Al-Quran hafalan terbanyak. (3) Channel (Media) yang digunakan di Rumah Tahfiz An-Nur adalah dengan menggunakan sebuah buku serta menggunakan panca indra penglihatan dan pendengaran. (4) Recaiver (Penerima) di rumah tahfiz An-Nur para santri dengan baik mendengarkan dan menghafalkan ayat Al-Quran. (5) Faktor pendukungnya adalah melalui kemauan, kecerdasan, motivasi serta metode yang digunakan oleh para pendidik.(6) Faktor penghambatnya adalah peralatan, kebiasaan serta kurang pandainya santri membagi waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, mendidik, rumah tahfiz |
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:24 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22328 |
Actions (login required)
View Item |