Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 2 IX Koto

Aprida, Sonia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 2 IX Koto. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover - daftar isi skripsi)
File Cover - Daftar isi.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (skripsi lengkap)
Skripsi full sonia aprida.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Sonia Aprida NIM 2014090031, dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 2 IX Koto”. Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Imam Bonjol Padang, Tahun 1445 H/2024 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tarjadi satu arah tanpa melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik juga merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya krativitas pendidik dalam pembelajaran yang beragam misalnya diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan teknik-teknik pembelajaran tertentu yang dapat digunakan selama proses pembelajaran keadaan tersebut berdampak kepada hasil belajar peserta didik yang rendah. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penggunaan Model pembelajaran probing prompting pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui gambaran hasil pre-test dengan menngunakan model pembelajaran probing prompting pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 IX Koto, 2). Untuk mengetahui gambaran hasil post-test dengan menngunakan model pembelajaran probing prompting pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 IX Koto, 3). Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 2 IX Koto. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah one groupd pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 IX Koto Tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, dengan sampel kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 47,61 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar IPS kelas eksperimen adalah 87,14. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 atau hasil analisis di peroleh α sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar 0,000, maka diterima, artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di SMPN 2 IX Koto. Kata kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran _Probing Prompting,_ Pembelajaran IPS, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:53
Last Modified: 04 Sep 2024 02:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22320

Actions (login required)

View Item View Item