Nurjuliani, Intan (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Mebentuk Karakter Religius Peserta Didik Pada Era Digital di SMA Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (INTAN NURJULIANI 2014010142 COVER - DAFTAR ISI)
INTAN NURJULIANI 2014010142 COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (807kB) |
|
Text (INTAN NURJULIANI 2014010142 BAB I)
INTAN NURJULIANI 2014010142 BAB I.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text (INTAN NURJULIANI 2014010142 BAB III)
INTAN NURJULIANI 2014010142 BAB III.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
Text (INTAN NURJULIANI 2014010142 BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
INTAN NURJULIANI 2014010142 BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (INTAN NURJULIANI 2014010142 FULL TEXT SKRIPSI)
INTAN NURJULIANI 2014010142 FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih terdapat beberapa peserta didik yang menunjukkan karakter yang kurang baik, terlihat dari menurunnya etika dan moral peserta didik, yang ditandai dengan kurangnya kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius dan mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam penerapan karakter religius peserta didik di era digital di SMA N 1 Batang Anai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif dan teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam di SMA 1 Batang Anai, dan peserta didik di sekolah tersebut. Observasi dilakukan untuk mengamati karakter Religius peserta didik dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah data tentang profil sekolah, data guru, dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru telah berperan dalam membentuk karakter Religius Peserta Didik, yaitu melalui beberapa pendekatan, antara lain pendekatan pembiasaan, pendekatan tersebut berupa pembiasaan membaca doa sebelum memulai pelajaran, membiasakan siswa memiliki karakter jujur. Pendekatan keteladanan, pendekatan tersebut berupa pemberian contoh kepada peserta didik baik ucapan, kepribadian, maupun perilaku guru. Pendekatan fungsional, dilakukan dengan cara mengaitkan materi pelajaran agama dengan kehidupan nyata yang sering dilakukan oleh peserta didik serta memberikan pemahaman tentang manfaat yang akan dipetik dari materi yang telah disampaikan. Pendekatan nasihat, yaitu melalui pemberian arahan, motivasi dan teguran serta nasihat kepada peserta didik. Dan untuk Upaya guru pendidikan agama Islam dalam penerapan karakter religius pada era digital di SMA N 1 Batang Anai menggunakan pendekatan pembiasaan dan keteladanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru PAI, Karakter Religius dan Peserta Didik |
Subjects: | Tajuk Subjek > Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:50 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22276 |
Actions (login required)
View Item |