EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara)

Purba, Ayunul Faizah (2024) EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (896kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text (BAB 5-DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEX AYUNUL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Persfektif ekonomi Islam ( Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara )” disusun oleh Ayunul Faizah Purba, Nim 2016010036, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiya Darul Ulum (PEMADU) merupakan salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Lawas Utara yang telah mengembangkan unit usahanya. Pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren PEMADU Bentuk usahanya ada lima unit yaitu: Kantin dan Koperasi (KANPONTREN), Fotocopy, Laundry, Perkebunan Sawit dan Karet, dan Peternakan Sapi. Dimana pemberdayaan ekonomi Pondok Pesantren PEMADU belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Pemberdayaan ekonomi yang sudah berjalan efektif yaitu KANPONTREN, Fotocopy, Laundry, Perkebunan Sawit dan Peternakan Sapi. Dikatakan efektif karena dapat mencapai target yang ada. Sedangkan pemberdayaan Perkebunan Karet ini kurang efektif karena belum dapat mencapai target. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Persfektif ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara). Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisa reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberdayaan ekonomi pesantren terhadap pondok pesantren sangat berperan penting. Bentuk pemberdayaan ekonomi yang utama dengan mengembangkan unit usahanya. Seperti: Kantin dan koperasi (KANPONTREN), usaha fotocopy, perkebunan sawit dan peternakan sapi serta layanan Laundry sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi perkebunan karet tidak berjalan efektif. Dalam pandangan ekonomi Islam tentang pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiyah Darul Ulum Selamat sesuai dengan perspektif ekonomi Islam, dimana dalam operasionalnya unit-unit usaha tersebut menggunakan prinsip-prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pesantren Modren Al-Hasyimiyah Darul Ulum, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:13
Last Modified: 03 Sep 2024 08:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22269

Actions (login required)

View Item View Item