Firdaus Putra, Farozi (2024) Penggunaan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 30 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Skripsi FAROZI OK Cover-Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Skripsi FAROZI OK BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
Skripsi FAROZI OK BAB III.pdf Download (178kB) |
|
Text
Skripsi FAROZI OK BAB V.pdf Download (167kB) |
|
Text
Skripsi FAROZI OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penggunan Metode Talking Stick pada Pembelajaran IPS di SMPN 30 Padang” disusun oleh Farozi Putra Firdaus, NIM. 2014090060 Program studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2024 M/1445 H. Skripsi ini dilatarbelakangi permasalahan bahwa penggunaan metode Talking Stick pada pembelajran IPS yang peneliti temui di SMPN 30 Padang. Metode pembelajaran Talking Stick ini adalah metode pembelajaran yang mendorong peserta didik berani mengemukakan pendapat. Pembelajaran diawali penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Dari pengamatan sepintas peneliti melihat pembelajaran IPS dengan metode pembelajaran Talking Stick memberikan kesempatan pada murid untuk melatih mengemukakan pendapat, berbicara, dan kepercayaan diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS di SMPN 30 Padang. Tujuan penelitian ini adalah Perencanaan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS, pelaksanaan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS, dampak penggunaan metode Talking Stick terhadap siswa, guru, dan pembelajaran IPS Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif tergolong dalam penelitian lapangan yang dilakukan di SMPN 30 Padang. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kesiswaan, guru IPS, dan pesrta didik di SMPN 30 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi dan wawancara yang diajukan kepada wakil kesiswaan, guru IPS, dan peserta didik di SMPN 30 Padang. Hasil temuan bahwa bentuk-bentuk perencanaan yang digunakan guru dalam menggunakan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS berupa, modul ajar, materi ajar, dan Stick (Tongkat) penggunaan metode Talking Stick yang digunakan oleh guru sudah sesuai dengan materi ajar. Pada saat penggunaan metode Talking Stick guru menjelaskan bagaimana pelaksanaan metode Talking Stick yang akan digunakan lalu menjelaskan. Dengan penggunaan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS peserta didik memperhatikan guru dalam menyampaikan materi ajar. Kelebihan dari penggunaan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS siswa lebih tertarik untuk belajar IPS. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Talking Stick membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Siswa mulai mengurangi hal-hal yang mengganggu belajar. Kelemahan dari penggunaan metode Talking Stick jika ada siswa yang tidak memahami pelajaran, siswa akan merasa gelisah dan khawatir ketika nanti giliran tongkat berada pada tangannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Metode Talking Stick |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 2 |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:53 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22247 |
Actions (login required)
View Item |