Analisis Penggunaan Model Pembelajaran IPS Dengan Media Pop Up Book di Kelas VIII MTsN 6 Agam

Yulanda, Mutia (2024) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran IPS Dengan Media Pop Up Book di Kelas VIII MTsN 6 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Mutia Yulanda. NIM. 2014090048 COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (873kB)
[img] Text (BAB I)
Mutia Yulanda. NIM. 2014090048 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
Mutia Yulanda. NIM. 2014090048 BAB III.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text
Mutia Yulanda. NIM. 20140990048 BAB V dan Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Skripsi FullTexs)
Mutia Yulanda. NIM. 2014090048 Full Texs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran IPS dengan Media Pop Up Book di Kelas VIII MTsN 6 Agam”. Disusun oleh Mutia Yulanda NIM. 2014090048, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang tahun 2024 M/ 1446 H. Pembelajaran IPS di kelas VIII terlihat tidak begitu menarik karena selama ini guru hanya menggunakan buku teks yang sudah tersedia, hal tersebut menyebabkan banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan media yang merangsang minat siswa dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana merancang media Pop Up Book pada pembelajaran IPS dan bagaimana menggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 6 Agam dan apa saja kendala saat menggunakan media Pop Up Book. Penelitian ini bertujuan menganalisis rancangan media Pop Up Book dan analisis penggunaan media Pop Up Book dan apa saja kendala yang di alami saat menggunakan media Pop Up Book. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Yaitu menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang di temukan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VIII yang mengajar pada pelajaran IPS di sekolah tersebut, informan yaitu guru dan siswa kelas VIII. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisa yang dilakukan pada pembelajaran IPS di kelas VIII guru telah manyusun modul ajar, lalu menentukan tema dan judul dari Pop Up Book , guru mempersiapkan alat-alat seperti gambar, kertas karton , serta alat tulis lainnya, kemudian di jadikan media Pop Up Book semenarik mungkin yang susai dengan kebutuhan peserta didik. (2) Analisis penggunaan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di kelas VIII guru menggunakaan media Pop Up Book saat proses pembelajaran inti perlangsung, guru membagi lima kelompok masing masing kelompok mendapat satu media Pop Up Book yang dengan judul penyebaran islam oleh walisongo, peserta didik di suruh untuk memahami materi yang ada di media Pop up Book lalu masing-masing kelompok mendiskusikan dan mempersentasikan di depan kelas. 3) Kendala dalam penggunaan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di kelas VIII yaitu gambar yang di gunakan dalam media Pop Up Book kurang jelas atau buram, cat yang di gunakan dalam media Pop up Book kurang menarik bagi siswa , susunan antar gambar media Pop Up Book kurang cocok, dan media Pop Up Book murah rusak jika gunakan berulang kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Media Pop Up Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 09:43
Last Modified: 02 Sep 2024 09:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item View Item