Penafsiran Surat al-Fatihah Oleh Ulama Minangkabau (Studi Komparatif Tafsir Risalah al-Qaul al-Bayan dan al-Khatib al-Makki)

AYSHAH FITRI, AYSHAH (2024) Penafsiran Surat al-Fatihah Oleh Ulama Minangkabau (Studi Komparatif Tafsir Risalah al-Qaul al-Bayan dan al-Khatib al-Makki). Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, DAFTAR ISI)
Ayshah Fitri_2220080028_PASCA_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (BAB I)
Ayshah Fitri_2220080028_PASCA_BAB I.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
Ayshah Fitri_2220080028_PASCA_BAB III.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V)
Ayshah Fitri_2220080028_PASCA_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Ayshah Fitri_2220080028_PASCA_Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Penafsiran Surat al-Fatihah oleh Ulama Minangkabau (Studi Komparatif Tafsir Risalah al-Qaul al-Bayan dan al-Khatib al-Makki)” yang ditulis oleh Ayshah Fitri Nim 2220080028. Program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, yang terdiri dari 115 halaman. Latar belakang penelitian ini tentang penafsiran surat al-fatihah dalam tafsir ulama Minangkabau, Penelitian ini berfokus pada penafsiran Surat Al-Fatihah oleh ulama Minangkabau dengan pendekatan komparatif antara Tafsir Risalah al-Qaul al-Bayan karya Syekh Sulaiman Arrasuli dan Tafsir al-Khatib al-Makki karya Abdul Hamid Khatib. Surat al-Fatihah memiliki keutamaan yang besar dalam Al-Qur'an, mencakup pujian kepada Allah, ibadah, dan permohonan petunjuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa mengidentifikasi metode, corak, dan kecenderungan penafsiran dari kedua ulama tersebut serta perbedaan dan persamaan di antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis isi (Content Analysis) dan menggunakan pendekatan metode tafsir muqaran. Kemudian membahas dan menganalisis penafsiran surat al-Fatihah dalam kitab tafsir Risalah al-Qaul al-Bayan dan al-Khatib al-Makki, data primernya dari kitab tafsir Risalah al-Qaul al-Bayan Karya Syekh Sulaiman Arrasuli dan tafsir al-Khatib al-Makki karya Syekh Abdul Hamid sebagai sumber utama. Sedangkan sumber sekundernya adalah buku-buku ilmu al-Qur’an, Jurnal, Majalah, Skripsi, Tesis, maupun Disertasi, dan artikel lain atau sumber bacaan yang terkait. Hasil penelitian dalam tesis ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dalam metode tafsir yang digunakan oleh Syekh Sulaiman Arrasuli dan Abdul Hamid Khatib dalam penafsiran Surat Al-Fatihah. Namun, terdapat perbedaan dalam corak dan fokus penafsiran yang diakibatkan oleh latar belakang sosio-historis masing-masing ulama. Meskipun kedua ulama tersebut menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dengan metode komparatif, fokus interpretasi mereka berbeda sesuai dengan konteks dan tujuan penulisan tafsir masing-masing. Penelitian ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan latar belakang sosio-kultural dalam memahami berbagai pendekatan tafsir yang dilakukan oleh ulama dari daerah yang berbeda. Kata Kunci: Tafsir, Al-Fatihah, Minangkabau, Syekh Sulaiman Arrasuli, Abdul Hamid Khatib.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tafsir, Al-Fatihah, Minangkabau, Syekh Sulaiman Arrasuli, Abdul Hamid Khatib.
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2024 07:12
Last Modified: 31 Aug 2024 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item