Pengaruh Transparansi, Sosialisasi dan Profesionalisme Kerja Terhadap Motivasi Muzakki Dalam Membayar Zakat Pada Lazismu Sumatera Barat

Saputra, Fikri Perdana (2024) Pengaruh Transparansi, Sosialisasi dan Profesionalisme Kerja Terhadap Motivasi Muzakki Dalam Membayar Zakat Pada Lazismu Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Fikri Perdana Saputra 2012030029_Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text (BAB I)
Fikri Perdana Saputra 2012030029_Bab 1.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
Fikri Perdana Saputra 2012030029_Bab 3.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
Fikri Perdana Saputra 2012030029_Bab 5.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Fikri Perdana Saputra 2012030029 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan mengenai pengaruh transparansi, sosialisasi dan profesionalisme kerja terhadap motivasi untuk membayar zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh transparansi, sosialisasi dan profesionalisme kerja terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat pada Lazismu Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara empiris bagaimana pengaruh transparansi, sosialisasi dan profesionalisme kerja terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat pada Lazismu Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dapat digunakan dengan teknik simple random sampling menggunakan perhitungan rumus slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan karena peneliti turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket tertutup, yaitu responden hanya akan memilih jawaban yang sudah tersedia dengan menggunakan skala liker yaitu responden hanya memberikan persetujuan atau ketidak setujuannya pada pernyataan angket tersebut. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar sebesar 26,6% sedangkan selebihnya 73,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan ada pengaruh transparansi, sosialisasi dan profesionalisme kerja terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat pada LAZISMU Sumatera Barat. Dapat juga dilihat melalui uji simultan (uji f) diperoleh nilai f hitung sebesar 11,119 dengan tingkat singnifikansi <0,001b. Hal ini berarti fhitung > ftabel (11,119 < 2,704) dengan tingkat signifikansi 0,001b < 0,05. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel transparansi, sosialisasi dan profesionalisme kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel motivasi muzakki atau dengan kata lain hipotesis diterima. Artinya semakin baik penerapan transparansi, sosialisasi dan profesionalisme kerja yang diberikan, maka semakin tinggi motivasi seseorang untuk membayar zakat pada lembaga tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: transparansi, sosialisasi, profesionalisme kerja, motivasi, zakat
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:54
Last Modified: 02 Sep 2024 01:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22194

Actions (login required)

View Item View Item