Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 2 Gunung Talang

Febianti, Monica (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
Monica Febianti.2014090043. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (703kB)
[img] Text (BAB 1)
Monica Febianti.NIM 2014090043. BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
Monica Febianti.NIM 2014090043. BAB III.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Monica Febianti. NIM 2014090043. BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Monica Febianti. NIM 2014090043. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan sosial peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Gunung Talang tahun ajaran 2023/2024 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Proses pembelajaran belum optimal karena penggunaan model yang belum tepat. Dan masih banyaknya peserta didik yang belum memahami akan materi yang disampaikan oleh pendidik. Berdasarkan observasi awal banyaknya peserta didik yang merasa bosan dan mengantuk saat pembelajaran IPS berlangsung sehingga membawa dampak terhadap hasil belajar peserta didik yang masih banyak mendapatkan nilai di bawah KKM yang mengharuskan peserta didik di remedial. Guru juga mengungkapkan peserta didik kurang aktif dalam belajar karena kemampuan komunikasinya yang masih rendah dan rasa percaya diri yang kurang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil pre-test sebelum menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 2 Gunung Talang. (2) Untuk mengetahui hasil post-test sesudah menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 2 Gunung Talang. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel yaitu sampel acak sederhana (simple random sampling), kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas VIII.I. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu Uji Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar ilmu pengetahuan sosial adalah 57,85 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar ilmu pengetahuan sosial adalah 84,53. Berdasarkan uji hipotesis dngan SPSS versi 2020 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan ketika menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 2 Gunung Talang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving CPS, pembelajaran IPS, Hasil Belajar Belajar
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:41
Last Modified: 03 Sep 2024 01:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item