Pembelajaran IPS Berbasis MultiMedia Interaktif Video Dan Power Point Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 1 Pariaman

Rahma, Yunisa (2024) Pembelajaran IPS Berbasis MultiMedia Interaktif Video Dan Power Point Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 1 Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- daftar isi)
Cover Dll.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB V dan daftar pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Full text)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembelajaran IPS Berbasis Multimedia Interaktif Video dan Power Point Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 1 Pariaman” ditulis oleh Yunisa Rahma 2014090011 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat belajar siswa dan keaktifan siswa dalam belajar, berdasakan hasil observasi awal rata-rata tidak semua guru menggunakan media untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran bahkan masih ada guru yang menyampaikan materi dengan metode ceramah. Proses pembelajaran seperti ini membuat kurangnya minat siswa untuk belajar dan memahami materi yang diberikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif video dan power point dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IX SMPN 1 Pariaman. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan pembelajaran, pelaksaan, dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif video dan power point di SMPN 1 Pariaman. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif video dan power point dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui rancangan, pelaksaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif video dan power point di SMPN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah sumber data primer yaitu guru IPS kelas IX, kepala sekolah dan kepala tata usaha, siswa-siswi kelas IX dan sumber data sekunder yaitu yang meliputi data yang tersusun dalam bentuk dokumen yang menginformasikan tentang pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif video dan power point dalam menumbuhkan minat belajar siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, rancangan pembelajaran IPS dalam bentuk RPP. Kedua, pelaksaan pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran IPS berbentuk material dan non material. faktor pendukung adanya sarana dan prasarana, faktor lingkungan, faktor kemampuan menjelaskan materi dan media. Sedangkan faktor penghambat keterbatasan sarana dan prasarana, ruang kelas yang memadai, kemampuan guru masih kurang mahir dalam menggunakan komputer. Kata kunci:Media Pembelajaran Video dan Power Point,Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video dan Power Point,Minat Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:34
Last Modified: 02 Sep 2024 08:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22181

Actions (login required)

View Item View Item