Pengembangan Edutainment Berbantuan Ice Breaking Bernuansa Islami daalam Meningkatkan MOtivasi Belajar Peserta Didik Kelas II SD Islam Al-Azhar Muhammadiyah Simabur

Ilahi, Asriks Nur (2022) Pengembangan Edutainment Berbantuan Ice Breaking Bernuansa Islami daalam Meningkatkan MOtivasi Belajar Peserta Didik Kelas II SD Islam Al-Azhar Muhammadiyah Simabur. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER -DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI ASRIKA.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ASRIKA.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text
BAB III ASRIKA.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB III)
BAB V ASRIKA.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
ASRIKA OKE SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah "Pengembangan Edutainment berbantuan ice breaking bernuansa Islami dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II SD Islam Al Azhar Muhammadiyah Simabur" Asrika Nur Ilahi, NIM : 2014070021. Prodi Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ditemukan rendahnya motivasi belajar peserta didik mengakibatkan rendahnya hasil belajar, terbukti dari hasil penilaian harian peserta didik banyak yang tidak tuntas. Rendahnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan metode pembelajaran yang kurang inovatif, kreatif dan variatif. Kurang optimalnya penggunaan metode pembelajaran. Guru cenderung menggunakan metode ceramah yang monoton. Kurangnya keterampilan guru dalam megembangkan ice breaking bernuansa Islami yang dapat mendukung dan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Perlunya pengembangan edutainment berbantuan Ice breaking bernuansa Islami agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu dengan melakukan pengembangan edutainment berbantuan ice breaking bernuansa Islami dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II SD Islam Al Azhar Muhammadiyah Simabur yang valid dan praktis. Metode penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun definisi penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk dan memvalidasinya. Dalam penelitian ini, prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji validitas ditemukan pengembangan edutainment berbantuan ice breaking bernuansa Islami di SD Islam Al Azhar Muhammdiyah Simabur dinyatakan valid. terlihat bahwa mayoritas responden penelitian memberikan jawaban sangat setuju dengan katagori untuk 5 butir pertanyaan, kemudian diikuti dengan katagori setuju dengan katagori 4 butir pertanyaan, selanjutnya diikuti dengan memberikan jawaban tidak setuju dengan katagori 1 butir pertanyaan dan tidak ada pertanyaan responden menyatakan sangat tidak setuju dan kurang setuju. Skor rata-rata dan skor TCR untuk variabel pengembangan edutainment berbantuan ice breaking bernuansa Islami di SD Islam Al Azhar Muhammdiyah Simabur adalah memiliki rata-rata sebesar 4,33 dan 86,6 untuk skor TCR, artinya tingkat capaian responden baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edutainment,Ice Breaking,Peserta Didik
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:47
Last Modified: 03 Sep 2024 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item