Analisis Efektivitas Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penerima Manfaat Pada Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar-Risalah Kota Padang

Sumaiyah, Sherly (2024) Analisis Efektivitas Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penerima Manfaat Pada Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar-Risalah Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Sherly Sumaiyah-2016010038-Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (BAB I)
Sherly Sumaiyah-2016010038-BAB I.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB III)
Sherly Sumaiyah-2016010038-BAB III.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Isi)
Sherly Sumaiyah-2016010038-BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Full Text)
SHERLY SUMAIYAH-2016010038-FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran strategis wakaf dalam mengatasi problematika sosial dalam meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat wakaf. Di tengah berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi masyarakat, wakaf produktif berpotensi sebagai salah satu instrument keuangan islam yang dikelola secara professional untuk menghasilkan manfaat ekonomi yang berkelanjutan. Studi terdahulu hanya berfokus pada pengelolaan harta wakaf yang bersifat konsumtif hanya sebatas ibadah, sementara efektivitas implementasinya dalam meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat masih memerlukan kajian lebih mendalam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas wakaf produktif yang dikelola oleh Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar Risalah dalam meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat wakaf. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 4 orang penerima manfaat wakaf. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wakaf produktif yang dikelola oleh Badan Wakaf Ar Risalah Kota Padang dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat. Efektivitas ini diukur berdasarkan lima indikator utama yaitu ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya tujuan dan pemantauan (monitoring). Empat dari lima indikator tersebut telah terpenuhi dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa BPW Ar Risalah mampu mengelola wakaf produktif secara professional, tepat sasaran dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Selain itu, tujuan dari program ini juga tercapai, serta proses monitoring dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa program berjalan dengan baik. Namun satu indikator yang belum terpenuhi yaitu pemahaman program. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi dan sosialisasi terkait konsep wakaf produktif kepada penerima manfaat dan masyarakat sekitar. Sehingga dapat menghambat partisipasi serta dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu diharapkan BPW Ar Risalah dapat mengevaluasi dan memperbaiki sistem pengelolaan, sehingga program ini akan semakin efektif dalam memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat dan penerima manfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Wakaf Produktif, Kesejahteraan Penerima Manfaat
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:14
Last Modified: 02 Sep 2024 08:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22157

Actions (login required)

View Item View Item