Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Keterampilan Kerjasama Pesertadidik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Talang

Oktavia, Amelia (2024) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Keterampilan Kerjasama Pesertadidik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- Daftar Isi)
Amelia Oktavia.NIM 2014090049. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (843kB)
[img] Text (BAB I)
Amelia Oktavia.NIM 2014090049. BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB III)
Amelia Oktavia.NIM 2014090049. BAB III.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Amelia Oktavia.NIM 2014090049. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text (Skripsi Fulltexs)
Amelia Oktavia.NIM 2014090049. Fulltexs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Talang” ditulis oleh Amelia Oktavia, NIM 2014090049 Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2024 M/ 1446 H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar kebanyakan peserta didik ketika dilaksanakan diskusi kelompok, partisipasi peserta didik untuk saling bekerjasama dalam kelompok kurang, hanya beberapa orang yang mendominasi mengerjakan tugas kelompoknya bekerjasama peserta didik belum mampu bekerja sama. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penerapan model Course Review Horay Berbantuan Media Question Card pada mata pelajaran IPS. Batasan masalah pada penelitian ini yaitu pengaruh penerapan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay berbantuan media Question Card terhadap keterampilan kerjasama peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay berbantuan media Question Card terhadap keterampilan kerjasama peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunaan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Talang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonrandom Sampel dengan pertimbangan tertentu, kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji T dengan program IBM SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan posttest kelas kontrol dengan model konvensional pada mata pelajaran IPS didapatkan rata-rata keterampilan kerjsaama peserta didik sebesar 81,97 dan kelas eksperimen dengan model Course Review Horay berbantuan media Question Card pada mata pelajaran IPS didapatan rata-rata 84,45. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunaan program IBS SPSS 20 didapatkan hasil analisis data yakni sig (2-tailed) sebesar 0,002 sebagi t hitung, kemudian t hitung dibandingan dengan t tabel dengan signifikan 0,05, yakni t_(tabel )<〖 t〗_hitung (t tabel kecil dari t hitung). Hasil data yang didapatkan adalah 0,002 < 0,05 (0,002 kecil ari 0,05) artinya terdapat pengaruh model Course Review Horay berbantuan media Question card terhadap keterampilan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Course Review Horay, Question Card, Keterampilan Kerjasama
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:41
Last Modified: 02 Sep 2024 08:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22137

Actions (login required)

View Item View Item