Pengaruh Media Pembelajaran Game Interaktif Baamboozle Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTsN 3 Pasaman

Dongoran, Adawiyah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Game Interaktif Baamboozle Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTsN 3 Pasaman. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (cover-daftar isi)
COVER-DAFTAR ISI (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1..pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3..pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (BAB 5 - Dapus)
BAB 5-DAPUS..pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (skripsi full)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Adawiyah, NIM 2014090033, dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Game Interaktif Baamboozle Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pngetahuan Sosial Di MTsN 3 Pasaman”, Jurusan Tadis Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Imam Bonjol Padang, Tahun 1446 H/2024 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan peserta didik bosan, kurang natusias dan jarang memperhatikan guru ketika proses pembelajaran. Sesuai dengan wawancara dengan salah satu peserta didik, peristiwa ini terjadi karena proses pembelajaran yang kurang menarik yang mana guru sering menyuruh peserta didik mencatat atau merangkum materi yang di buku paket dan menggunakan metode ceramah yang disertai dengan media yang klasik. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran game interaktif baamboozle pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan 1) untuk melihat bagaimana gambaran hasil pretest peserta didik kelas VIII MTsN 3 Pasaman sebelum penerapan media pembelajaran game interaktif baamboozle, 2) untuk melihat bagaimana gambaran hasil postest peserta didik kelas VIII MTsN 3 Pasaman sesudah penggunaan media pembelajaran game interaktif baamboozle, 3) untuk melihat bagaimana pengaruh media pembelajaran game baamboozle terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata peajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan rancangan desain adalah one-grup pretest –posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 3 Pasaman tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas yang terpilih kelas VIII.2 sebagai sampel dan dijadikan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan, antara lain (1) rata-rata pretest motivasi belajar kelas eksperimen adalah 60,97; (2) rata-rata nilai posttest motivasi belajar kelas eksperimen adalah 65,75 dan (3) hasil uji hipotesis dengan software SPSS versi 20 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, artinya bahwa 0,000 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh media pembeajaran game interaktif baamboozle terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Game Interaktif Baamboozle, Pembelajaran IPS, Motivasi Peserta didik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:08
Last Modified: 02 Sep 2024 08:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22134

Actions (login required)

View Item View Item