Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus SMP Perguruan Islam Ar Risalah)

Purnama, Welli (2024) Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus SMP Perguruan Islam Ar Risalah). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III...pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAPUS.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (FULL GABUNGAN)
SKRIPSI FULL GABUNGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus SMP Perguruan Islam Ar-Risalah)” disusun oleh Welli Purnama 2014090038 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Islam Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran setelah Covid-19 dengan diberlakukan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka berusaha mengakomodir kebutuhan belajar dan keberagaman peserta didik yang memiliki gaya belajar yang berbeda atau disebut dengan pemebelajaran berdiferensiasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mempersiapkan menerapkan serta apa saja kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Studi Kasus SMP Perguruan Islam Ar Risalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber primer yaitu guru mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS), guru bahasa indonesia guru informatikan dan peserta didik. Sedangkan sumber daya sekundernya yaitu buku,jurnal dan penelitian yang relavan. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penilitian ini ditemukan pada pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pertama, kesiapan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi bahwa guru di SMP Perguruan Islam Ar Risalah belum siap mengimplemetasiakan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik dikarenakan asesmen diagnotik tidak ditemukan pada studi dokumen akan tetapi beberapa guru telah melakukan pemetaan berdasarkan kemampuan tes diagnotik yang high, middle, dan low. Kedua, penerapan pembelajaran berdiferensiasi guru SMP Perguruan Islam Ar Risalah belum maksimal untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dikarenakan guru masih saja terkadang belum memenuhi kebutuhan peserta didik secaran optimal. Ketiga, ditemukan kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu sumber daya yang terbatas dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang membutuhkan waktu yang cukup lama dengan melihat penyesuaian kebutuhan belajara peserta didik. Kemudian kendala pendidik yakni belum mampu menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi konten dan produk yang mana guru masih menyamakan semua materi yang akan dipelajari yang memiliki nilai hight, middle dan low. Dan kendala bagi peserta didik yaitu kurangnya konsentrasi peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung dikarenakan sebagian peserta didik berbicara dengan kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 09:29
Last Modified: 02 Sep 2024 09:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22129

Actions (login required)

View Item View Item