Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Perbankan (Non-BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022

Pratami, Monika Yulia (2024) Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Perbankan (Non-BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
cover monika yulia pratami.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I myp.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III myp.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI MONIKA YULIA PRATAMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap peringkat obligasi pada perusahaan perbankan (non bumn) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan dibantu oleh software E-views 12. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling, didapatkan perusahaan yang memenuhi kriteria berjumlah 14 perusahaan selama 5 tahun periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap peringkat obligasi sehingga H1 ditolak. Profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap peringkat obligasi sehingga H2 ditolak. solvabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap peringkat obligasi sehingga H3 ditolak. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi sehingga H4 diterima. Likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap peringkat obligasi sehingga H5 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan dan Peringkat Obligasi.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:55
Last Modified: 05 Sep 2024 03:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22111

Actions (login required)

View Item View Item