PENGARUH HALAL KNOWLEDGE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA PRODUK KOSMETIK HALAL DI PADANG DIMEDIASI OLEH ISLAMIC BRANDING

Septiananda, Arif and Irsadunas, Irsadunas and Mardhika, Riandy (2024) PENGARUH HALAL KNOWLEDGE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA PRODUK KOSMETIK HALAL DI PADANG DIMEDIASI OLEH ISLAMIC BRANDING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Arif Septianda_2016030035_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Arif Septianda_2016030035_Cover..pdf

Download (768kB)
[img] Text
Arif Septianda_2016030035_BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Arif Septianda_2016030035_BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Arif Septianda_2016030035_BAB V.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Halal Knowledge dan Customer Experience Terhadap Purchase Decision Pada Produk Kosmetik Halal di Padang Dimediasi Oleh Islamic Branding” disusun oleh Arif Septianda dengan NIM 2016030035, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Adapun yang menjadi latar belakang pada penelitian ini adalah adanya pergeseran perilaku pembelian kosmetik oleh generasi Z di Kota Padang yang tidak lagi menjadikan merek Islami sebagai faktor utama dalam memilih produk, termasuk merek kosmetik seperti Wardah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana pengaruh halal knowledge dan customer experience terhadap purchase decision yang dimediasi oleh islamic branding. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan melalui Google Form dengan SEM-PLS sebagai alat analisisnya. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z di kota Padang yang telah melakukan pembelian produk kosmetik Wardah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang ditentukan menggunakan rumush slovin sebanyak 100 responden. Hasil dari pengujian data menunjukkan bahwa variabel Halal Knowledge dan Customer Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Islamic Branding. Variabel Customer Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Namun, variabel Halal Knowledge memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Purchase Decision. Variabel Islamic Branding memiliki pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Purchase Decision. Kemudian, temuan ini juga menunjukkan bahwa variabel Islamic Branding tidak mampu memediasi Halal Knowledge dan Customer Experience. Hal ini berimplikasi pada peningkatan pengetahuan halal dan pengalaman pelanggan dapat secara signifikan meningkatkan branding Islami. Hal ini pada akhirnya akan mendorong keputusan pembelian produk kosmetik halal di Padang, meskipun peran mediasi Islamic Branding tidak signifikan dalam hubungan antara Halal Knowledge dan Customer Experience dengan Purchase Decision. Kata Kunci: Halal knowledge, Cutomer Experience, Purchase Decicison, Islamic Branding

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Halal knowledge, Cutomer Experience, Purchase Decicison, Islamic Branding
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
U Umum (General) > Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:52
Last Modified: 05 Sep 2024 02:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22095

Actions (login required)

View Item View Item