Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung

Novita, Elvi (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Elvi Novita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung. Ditulis oleh Elvi Novita NIM 2014090046 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahua Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung Tahun ajaran 2023/2024 merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKTP yang telah diterapkan sekolah yaitu 70. Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Handout pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Batasan masalah pada penelitian ini yaitu Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu Untuk mengetahui Pengaruh stategi pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan Handout terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung. Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII di Sekolah menengah pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung tahun pelajaran 2023/2024 dengan sampel berjumlah 54 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknis tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan uji t/ Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan Handout diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung meningkat dan mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran setelah diterapkan strategi Student Teams Achievement Division berdasarkan penelitian dan analisis data. Uji normalitas diperoleh nilai eksperimen pretest sebagai sig > 0,05 yaitu 0,103 > 0,05, post-test 0,069 > 0,05 dan kelas kontrol pretest 0,087 > 0,05, post-test 0,200 > 0,05 artinya data hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol tersebut berdistribusi norma. Hal ini dibuktikan dari signifikasi hasil belajar tersebut > 0,05. Uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai signifikasi 0,975 > 0,05. Artinya data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol memiliki data yang sama (homogen). Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t menggunakan software SPSS versi 20 for windows didapatkan hasil belajar analisis data yakni sig (2-tailed) sebesar 0,001. Untuk mengetahui taraf signifikan a = 5% adalah 1,675 dan taraf 1% adalah 1,298. Oleh karena itu t hitung > t table (3,674>1,675 dan 3,674>1,298). Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya hipotesis menyatakan terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division, Handout, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:33
Last Modified: 02 Sep 2024 02:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22086

Actions (login required)

View Item View Item