Resiliensi Pendidikan Pesantren Salafiyyah di Era Modern (Studi di Pondok Pesantren Azzakariyyah) Merangin Jambi

Malik, Adam (2024) Resiliensi Pendidikan Pesantren Salafiyyah di Era Modern (Studi di Pondok Pesantren Azzakariyyah) Merangin Jambi. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Adam Malik. 2024. Resiliensi Pendidikan Pesantren Salafiyyah di Era Modern (Studi di Pondok Pesantren Azzakariyyah) Merangin Jambi. Tesis, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Perkembangan teknologi dan modernisasi dalam beberapa dekade terakhir telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Sistem pendidikan di era modern dituntut untuk selalu adaptif terhadap perubahan zaman, yang sering kali membawa tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan tradisional seperti pondok pesantren salafiyyah. Namun, di tengah arus globalisasi dan modernisasi, banyak lembaga pendidikan yang tidak mampu mempertahankan sistem pendidikannya dan mengalami kemunduran atau perubahan signifikan. Hal ini menimbulkan pertanyaan penting: bagaimana pesantren salafiyyah dapat mempertahankan sistem pendidikan tradisional mereka dan tetap relevan di era modern? Resiliensi merupakan komponen kunci yang mempengaruhi kemampuan komunitas pesantren untuk menyesuaikan dan menerapkan fungsi pendidikan Islam di era modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sumber data terdiri dari Pimpinan Pondok Pesantren Azzakariyah Merangin Jambi, Kabag Kesiswaan, Kabag Kurikulum, Kabag Keterampilan, Majlis Guru (Ustadz/Ustadzah), dan Santri/santriwati. Tahap analisis data meliputi reduksi, penyajian dan verifikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan, strategi resiliensi, dan dampak resiliensi Pondok Pesantren Salafiyyah Azzakariyyah di era modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan Pondok Pesantren Azzakariyyah Merangin Jambi menganut unsur-unsur tradisional yang meliputi elemen fisik seperti pondok, masjid, kitab kuning, santri, dan kyai; metode pengajaran tradisional seperti wetonan atau bandongan (halâqah) dan sorogan; serta metode pembelajaran seperti tahfîzh, mudzâkarah, dan muhâdharah. Strategi resiliensi yang diterapkan mencakup penguatan struktur organisasi melalui yayasan, penyelenggaraan pendidikan formal di madrasah, integrasi ilmu pengetahuan, serta pembaruan aspek pendidikan tanpa menghilangkan unsur tradisional pesantren. Resiliensi memiliki dampak positif pada ketahanan pondok pesantren dalam aspek pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi. Kombinasi unsur tradisional dan modernisasi menunjukkan bahwa sistem pendidikan ini mencerminkan ketahanan Pondok Pesantren Salafiyah dalam beradaptasi dengan perubahan eksternal. Integrasi ini memperlihatkan kemampuan pesantren untuk mempertahankan identitas dan nilai-nilai tradisional Islam sekaligus merespon tuntutan masyarakat modern. Dengan demikian, pesantren tetap relevan dan efektif dalam memenuhi kebutuhan pendidikan umat Islam di era modern.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Pendidikan, Pesantren Salafiyyah, Era Modern
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:10
Last Modified: 29 Aug 2024 06:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item