Penafsiran Ayat-Ayat Antropomorfisme Perspektif Kitab Tafsir Jami' Al-Bayan 'An Ta'wil Al-Qur'an Karya Ibn Jarir Al-Thabari

Reza, Desma (2024) Penafsiran Ayat-Ayat Antropomorfisme Perspektif Kitab Tafsir Jami' Al-Bayan 'An Ta'wil Al-Qur'an Karya Ibn Jarir Al-Thabari. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Desmareza. NIM 2015050014, Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Desmareza. NIM 2015050014. BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
Desmareza. NIM 2015050014. BAB III.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
Desmareza. NIM 2015050014. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Full Text)
Desmareza. NIM 2015050014. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah persoalan ayat-ayat mutasyabihat yaitu terkhusus pada ayat-ayat tajsim yang dikenal dengan istilah antropomorfisme. Antropomorfisme ini merupakan suatu kajian teologi yang melekatkan sifat-sifat Allah Swt dengan sifat manusia. Tentu hal ini bertentangan dengah keimanan dan ketauhidan yang telah ditunjukan ayat-ayat muhkam sebelumnya, bahwa tiada yang mampu menyerupai Allah Swt. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kitab Tafsir Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil al-Qur’an untuk menganalisis metode yang digunakan al-Thabari dalam menafsirkan ayat-ayat antropomorfisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penafsiran al-Thabari tentang ayat-ayat antropomorfisme dan mengetahui metode yang digunakan al-Thabari dalam menafsirkan ayat-ayat antropomorfisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam kajian kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi (content analysis). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Tafsir Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil al-Qur’an karya Ibn Jarir al-Thabari, dan data sekunder dalam penelitian ini yakni pendukung yang diperoleh dari kitab tafsir lain, buku-buku, jurnal, maupun sumber-sumber lain yang memiliki kesesuaian dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah documenter yaitu menelaah bahan-bahan tertulis, khususnya kitab tafsir yang yang menjadi sumber utama dan didukung dengan dokumen tertulis lain. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian ditelaah, lalu dianalisis menggunakan kitab tafsir yang menjadi rujukan, kemudian diklasifikasikan berdasarkan tema-tema ayat tersebut yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis penulis, dapat disimpulkan bahwa dalam menafsirkan ayat-ayat antopomorfisme yang terdiri dari ‘Mata Allah’ (‘ainullah), ‘Wajah Allah’ (wajhullah), ‘Tangan Allah’ (yadhullah) dan ‘Bersemayam’ (istiwa’), al-Thabari dalam kitab Tafsir Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil al-Qur’an tampak tidak konsisten dalam menggunakan kedua metode tersebut yakni ada beberapa ayat menggunakan metode tafwidh tentang kata ‘yad’ dalam (Qs. ali-Imran: 73, Qs. al-Hadid: 29, Qs. ali-Imran: 3), selanjutnya tentang kata ‘istiwa’ dalam (Qs. Yunus:3, Qs. al-Araf: 54, Qs. as-Sajadah :4). Beberapa ayat yang menggunakan metode takwil yaitu tentang kata ‘ayun’ dalam (Qs. Hud:37, Qs. al-Mu’minun: 27, Qs. al-Qamar: 14), kemudian tentang kata ‘wajhu’ dalam (Qs. al-Rum:38, al-Qashash: 88, al-Insan: 9, Qs. ar-Ra’du: 22, Qs. al-Rahman: 27. Lalu tentang kata ‘yad’ dalam (Qs. al-Maidah:64, Qs. Yasin:83), selanjutnya tentang kata ‘istiwa’’ dalam (Qs. al-Baqarah: 29 dan Qs. Taha: 5).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:51
Last Modified: 30 Aug 2024 08:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21984

Actions (login required)

View Item View Item