ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTsN 6 AGAM

Ranu Baya, Santi (2024) ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTsN 6 AGAM. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol padang.

[img] Text (BAB I)
Santi Ranu Baya NIM.2014010077. BAB 1.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB II)
Santi Ranu Baya NIM.2014010077. BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
Santi Ranu Baya NIM.2014010077. BAB 3.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
Santi Ranu Baya NIM.2014010077. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text (BAB V)
Santi Ranu Baya NIM.2014010077. BAB 5.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Fulltext)
Santi Ranu Baya NIM.2014010077. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang peneliti tulis adalah “Analisis Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Agam” di tulis oleh Santi Ranu Baya dengan NIM 2014010077 Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata oelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memhami, serta menghayati Sejarah Kebudaan Islam. Penggunaan metode ceramah dalam proses belajar Sejarah Kebudayan Islam sering kali dianggap sebagai metode pengajaran yang kurang interaktif dan membosankan. Namun saat proses pembelajaran ternyata metode ceramah dapat digunakan untuk menyampaiakan suatu materi pembelajaran dan siswa memahami materi yang di berikan dengan meteri yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap metode ceramah terkait tingkat pemahaman yang dicapai, serta kemungkinan alternatif metode analisis pengajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 6 Agam subjek penelitiannya ialah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa. Penelitian ini di fokuskan pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode ceramah serta bagaimana pandangan siswa terhadap proses belajara tersebut. Data yang diperoleh yaitu perencaanaan serta pelaksaaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode caramah yang diketahui dari modul ajar, pelaksanaan guru dalam melakukan. Setelah itu juga diperoleh data terkait persepsi siswa terhadap penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan observasi bersama guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa di MTsN 6 Agam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pandangan positif terhadap penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran SKI. Siswa menganggap bahwa metode ceramah dapat membantu mereka memahami materi dengan lebih baik dan mempertahankan minat mereka selama sesi pembelajaran. Namun, beberapa siswa juga menyatakan bahwa penggunaan metode ceramah yang monoton dan kurang variasi dapat membosankan dan mengurangi minat mereka terhadap pembelajaran. Kata kunci: Analisis, Persepsi, dan Metode Ceramah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analilis Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Metode Ceramah
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:36
Last Modified: 03 Sep 2024 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item