Representasi Relasi Guru dengan Anak Tunagrahita dalam Webtoon "Pak Guru Inyong: Pendidikan Khusus"

Fadila, Tata Raihan (2024) Representasi Relasi Guru dengan Anak Tunagrahita dalam Webtoon "Pak Guru Inyong: Pendidikan Khusus". Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover dll)
TATA RAIHAN FADILA-2012010012-COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (671kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text (fulltext)
TATA RAIHAN FADILA-2012010012-FULLTEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan representasi makna relasi instruksional, makna relasi emosional, serta makna spiritual guru dengan anak Tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan studi semiotika Roland Barthes untuk menentukan representasi relasi guru dengan anak Tunagrahita dalam Webtoon “Pak Guru Inyong: Pendidikan Khusus”. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan, relasi instruksional guru dengan anak tunagrahita dalam webtoon pak guru Inyong, berupa: Guru sebagai penengah dalam menghadapi konflik antar murid dan Guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru; Relasi emosional, berupa; Guru sebagai sosok yang perlu merefleksikan diri serta sabar dalam menghadapi anak tunagrahita serta memberikan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Relasi spiritual berupa; Seorang guru harus bisa melihat kondisi dan pengasuhan yang tepat untuk muridnya karena pendidikan bukan hanya memberikan pengetahuan akademis tetapi juga tentang membentuk karakter dan moral anak. Sehingga makna relasi guru yang disajikan didalam webtoon ini adalah; Guru sebagai penengah atau mediator, Guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru serta Guru sebagai sosok pembentuk karakter dan moral anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Relasi, Webtoon
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 31 Aug 2024 07:57
Last Modified: 31 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item