Fadila, Tata Raihan (2024) Representasi Relasi Guru dengan Anak Tunagrahita dalam Webtoon "Pak Guru Inyong: Pendidikan Khusus". Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover dll)
TATA RAIHAN FADILA-2012010012-COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (671kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (647kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (481kB) |
|
Text (fulltext)
TATA RAIHAN FADILA-2012010012-FULLTEXT SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan representasi makna relasi instruksional, makna relasi emosional, serta makna spiritual guru dengan anak Tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan studi semiotika Roland Barthes untuk menentukan representasi relasi guru dengan anak Tunagrahita dalam Webtoon “Pak Guru Inyong: Pendidikan Khusus”. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan, relasi instruksional guru dengan anak tunagrahita dalam webtoon pak guru Inyong, berupa: Guru sebagai penengah dalam menghadapi konflik antar murid dan Guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru; Relasi emosional, berupa; Guru sebagai sosok yang perlu merefleksikan diri serta sabar dalam menghadapi anak tunagrahita serta memberikan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Relasi spiritual berupa; Seorang guru harus bisa melihat kondisi dan pengasuhan yang tepat untuk muridnya karena pendidikan bukan hanya memberikan pengetahuan akademis tetapi juga tentang membentuk karakter dan moral anak. Sehingga makna relasi guru yang disajikan didalam webtoon ini adalah; Guru sebagai penengah atau mediator, Guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru serta Guru sebagai sosok pembentuk karakter dan moral anak didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Relasi, Webtoon |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 07:57 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 07:57 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21958 |
Actions (login required)
View Item |