Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Sains Islam Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan

Juwilita, Desi (2024) Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Sains Islam Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (973kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
DESI JUWILITA.SKRIPSI FINAL .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya penggunaan bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada mata Pelajaran IPAS kelas IV dalam proses pembelajaran. Pengintegrasian Islam pada pembelajaran umum merupakan kompetensi yang saat ini sedang diterapkan dalam kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka peserta didik dituntut untuk tidak hanya memahami ilmu umum saja tetapi juga memahami ilmu agama. Integrasi Sains Islam pada pembelajaran bisa dilakukan mulai dari bahan ajar yang digunakan oleh pendidik. Namun dalam proses pembelajaran IPAS kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan belum menggunakan bahan ajar yang terintegrasi Sains Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI, untuk mengetahui validitas bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI, dan untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada pembelajaran IPAS kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan desseminate. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi dan angket praktikalitas. Uji validasi bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI diberikan kepada validator ahli bahasa, materi, media. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 20 peserta didik kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan. Hasil Penelitian menunjukkan bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI valid dan praktis. Pada uji validitas, bahan ajar dinyatakan valid dari segi bahasa, materi dan media dengan rata-rata 95% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media oleh pendidik dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 89,55% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar terintegrasi Sains Islam pada pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI dikategorikan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Integrasi Sains Islam, IPAS Kelas IV
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:12
Last Modified: 30 Aug 2024 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item