Pemanfaatan Biblioterapi Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Disabilitas Pada Perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang

Afrelia, Yola (2024) Pemanfaatan Biblioterapi Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Disabilitas Pada Perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI_YOLA AFRELIA.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI_YOLA AFRELIA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI_YOLA AFRELIA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SKRIPSI_YOLA AFRELIA.pdf

Download (114kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_SKRIPSI_YOLA AFRELIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Biblioterapi Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Disabilitas Pada Perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang”. Penelitian ini menyelidiki manfaat biblioterapi yang dialami siswa dalam kegiatan membaca di Perpustakaan (SLB) Negeri 1 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang. Fokus atau objek penelitian ini adalah latar belakang manfaat biblioterapi yang dialami siswa dalam kegiatan membaca di Perpustakaan (SLB) Negeri 1 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat biblioterapi di SLB Negeri 1 Padang berupa kegiatan membaca, mendongeng, mewarnai dan dzikir pagi serta permainan puzzle dan mengenal huruf yang digunakan sebagai alat yang efektif untuk membantu siswa merasa nyaman dan aman saat mereka membutuhkan dukungan ekstra yang diberikan oleh guru maupun pustakawan untuk melihat adanya perkembangan pada siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang. Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Biblioterapi, Minat Baca, Disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Biblioterapi, Minat Baca, Disabilitas.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 01 Sep 2024 13:38
Last Modified: 01 Sep 2024 13:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21945

Actions (login required)

View Item View Item