Pengembangan E-modul Fisika Berpendekatan Etno STEM Pengolahan Ikan Asin terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Peserta Didik SMA/MA

Marsandra, Dia (2024) Pengembangan E-modul Fisika Berpendekatan Etno STEM Pengolahan Ikan Asin terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi_Dia.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Dia.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_Dia.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V-Dapus_Dia.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Full text)
Skripsi Full Text_Dia Marsandra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dia Marsandra, NIM.2014080008, Pengembangan E-Modul Fisika Berpendekatan Etno STEM Pengolahan Ikan Asin Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Peserta Didik. Skripsi: Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan berpikir kreatif dan kritis di kalangan peserta didik masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik disebabkan pendidik masih menggunakan pendekatan dan bahan ajar yang kurang sesuai selama proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak mampu memahami pelajaran fisika yang dikenal abstrak, sulit dan membosankan. Maka penggunaan bahan ajar berupa E-Modul fisika berpendekatan Etno STEM merupakan solusi untuk pelajaran fisika sehingga membantu peserta didik memahami materi dengan cepat karena penggunaan kearifan lokal ikan asin yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul fisika berpendekatan Etno STEM pada pengolahan ikan asin terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Divalidasi oleh 3 orang ahli, dari aspek kelayakan, materi, Bahasa dan konstruksi/ media menggunakan angket validasi. Uji kepraktisan diuji coba oleh 1 orang pendidik fisika di SMAN 2 Solok dan 36 orang peserta didik. Efektifitas produk menggunakan soal diberikan kepada ketiga kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul fisika berpendekatan Etno STEM pengolahan ikan asin terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik sangat valid dengan skor rata-rata 84% dilihat dari perolehan persentase uji kelayakan bahasa 92%, kelayakan isi/materi 80%, dan kelayakan kontruksi 80%. Hasil praktikalitas 83,53% kategori sangat praktis dengan skor rata-rata praktikalitas oleh pendidik 80% dan dan peserta didik 87,07%. Efektivitas e-modul fisika berpendekatan etno STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen diperoleh persentase rata-rata 83,5% dengan kategori sangat efektif dan kelas kontrol 76% dengan kategori efektif. Sedangkan pada kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 86% dengan kategori sangat efektif dan kelas kontrol 74,25% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul fisika berpendekatan Etno STEM pengolahan ikan asin terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Peserta Didik sangat valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Etno STEM, Ikan Asin, Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:14
Last Modified: 30 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21936

Actions (login required)

View Item View Item