Fatimah, Siti (2024) Impementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI SITI FATIMAH.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I SITI FATIMAH.pdf - Published Version Download (555kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III SITI FATIMAH.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (BAB V & DAPUS)
BAB V DAPUS SITI FATIMAH.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI SITI FATIMAH FULL WATERMARK (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul ‘’Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 3 Lima Puluh Kota’’. Disusun oleh Siti Fatimah, NIM. 2014090019. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1445 H/2024 M. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa Pendidik kurang memahami pembelajaran berdiferensiasi dan kurikulum merdeka pendidik masih kesulitan dan kurang paham dalam membuat perencanaan pembelajaran, asesmen diagnostik sering terlupakan oleh pendidik, kurangnya sarana dan prasarana termasuk buku referensi, dan pendidik yang kurang paham dalam penggunaan IT untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data atau yang menjadi objek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. 1) Sumber data primer, meliputi hasil wawancara dengan pendidik Ilmu pengetahuan sosial, pengawas madrasah, kepala madrasah, waka kurikulum, dan peserta didik kelas VII MTsN 3 Lima Puluh Kota. 2) Sumber data sekunder berupa arsip, catatan, dan laporan historis. Hasil dari penelitian ini adalah dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka ini ada 2 komponen, yang pertama yaitu perencanaan, peneliti menemukan bahwa guru di MTsN 3 Lima Puluh Kota telah mengikuti pelatihan kurikulum merdeka seperti workshop atau lokarya, Guru di MTsN 3 Lima Puluh Kota juga sudah paham terhadap penggunaan dan pengembangan perangkat ajar seperti modul ajar dan silabus. Guru IPS dalam merencanakan Pembelajaran terlebih dahulu menganalisis Capaian Pembelajaran, Mengembangkan Alur Tujuan Pembelajaran, dan Menyusun Modul Ajar. Untuk komponen yang kedua yaitu pelaksanaan, bahwa guru melakukan beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup didasarkan siklus implementasi kurikulum merdeka dengan menguatkan terciptanya pembelajaran berdiferensiasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:10 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:10 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21934 |
Actions (login required)
View Item |