Konversi Akad Murabahah ke Akad Qardh Pada Pembiayaan Murabahah Bermasalah di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Ditinjau Dari Fatwa DSN MUI No 49 Tahun 2005 Tentang Konversi Akad Murabahah

Farhan, Ahmad Ihwanur (2024) Konversi Akad Murabahah ke Akad Qardh Pada Pembiayaan Murabahah Bermasalah di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Ditinjau Dari Fatwa DSN MUI No 49 Tahun 2005 Tentang Konversi Akad Murabahah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
COVER- DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (671kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang akan menjadi objek adalah bagaimana pelaksanaan konversi akad murabahah ke akad qardh pada pembiayaan murabahah bermasalah pada Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat cabang Pasar Raya. Adapun pertanyaan penelitian disini adalah Pertama. Bagaimana pelaksanaan konversi akad murabahah ke akad qardh pada pembiayaan murabahah bermasalah pada Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya? Kedua. Apa alasan Baitut Tamwil Muhammadiyah melakukan konversi akad dari akad murabahah ke akad qardh pada pembiayaan murabahah bermasalah di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya? Ketiga. Bagaimana konversi Akad Murabahah ke Akad Qardh ditinjau dari Fatwa DSN MUI no 49 tahun 2005 tentang konversi akad murabahah? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) ke Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya untuk mewawancarai para informan penelitian yaitu pihak BTM dan nasabah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah dan ditulis dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa: Pertama, Dalam mengaplikasikan praktik tersebut konversi tidak hanya diberikan kepada pihak yang prospektif saja namun juga kepada pihak yang tidak prospektif hal ini bertujuan untuk memperlancar angsuran yang diberikan kepada nasabah agar tidak bermasalah lagi Kedua, Adapun alasan perubahan akad murabahah kepada qardh di BTM Sumatera Barat Cabang Pasar Raya disebabkan kredit macet dan pembiayaan bermasalah Ketiga, Didalam fatwa DSN MUI dijelaskan bahwa berubahnya akad murabahah hanya tiga hal saja yaitu, Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik, Mudharabah, dan Musyarakah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Murabahah, Qardh, Fatwa DSN MUI
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih
Tajuk Subjek > Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Organisasi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:44
Last Modified: 30 Aug 2024 06:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item