Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Mata Pelajaran IPAS terhadap Berpikir Kritis Kelas IV MIS Al-Ikhwan Bukittinggi

Putri, Mulya (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Mata Pelajaran IPAS terhadap Berpikir Kritis Kelas IV MIS Al-Ikhwan Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAFTAR ISI)
COVER MULYA PUTRI PGMI FTK UIN.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I MULYA PUTRI PGMI 053.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Bab 3)
MULYA PUTRI 2014070053 PGMI BAB III.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Bab V)
MULYA PUTRI 2014070053 PGMI BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (FULL TEXT)
MULYA PUTRI SKRIPSI FULL (0053).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang perlu dilatih dan dibimbing. Lembar Kerja Peserta Didik dapat menjadi salah satu solusi dalam memberikan latihan dan bimbingan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diintegrasikan dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic). Adanya LKPD berbasis STEAM diharapkan dapat mencapai keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis STEAM yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Model penelitian ini meliputi 4 tahapan yaitu, define(pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini, dilaksanakan hingga pada tahap develop. Tahap pendefenisian terdiri dari analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan terdiri dari perancangan LKPD berbasis STEAM, perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian LKPD. Tahap pengembangan dilaksanakan dengan memberikan LKPD yang telah dirancang kepada expert appraisal, terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa serta praktikalitas perangkat pembelajaran dengan menggunakan angket praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) sangat valid berdasarkan pada hasil penilaian validator dengan rata-rata nilai validitas sebasar 89,45%. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil angket dengan rata-rata sebesar 93,33% dari pendidik dan 93,09% dari peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD berbasis STEAM dengan kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, STEAM, IPAS
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Aug 2024 10:00
Last Modified: 30 Aug 2024 10:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item